FORMULIR TOL 2017

Buat kalian yang kemaren nanya-nanya  kapan bisa daftar TOL ????
Inilah jawabannya, mulai dari  19 Juni – 30 juli 2017 sudah mulai dibuka pendaftaran TOL 2017.

Yok buat kalian yang merasa berjiwa pemimpin, yang ga mau kuliahnya cuman sekedar kuliah, yang mau tau gimana berorganisasi, yang pengen liburan dan camping, yang mau main outbond, cuman 50K sudah dapat menikmati semuanya.

Silahkan download formulirnya DISINI

Jangan sampai kelewatan yaaa!!!

SAHUR TOGETHER

Assalamualaikum wr.wb

Banyak kebaikan yang bisa kita lakukan pada bulan Ramadhan, salah satunya berbagi dengan sesama. Jika kegiatan sebelumnya BUKA BERSAMA , kemudian akan dilanjutkan dengan kegiatan SAHUR TOGETHER. Nah, tahun ini sahur together akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya berbagi makanan di pinggir jalan. Tahun ini sahur together akan dilaksanakan di Langgar At-Taubah, Banjarbaru.

Acaranya akan dilaksanakan tanggal 10 Juni 2016 (Hari Sabtu). Buat kalian yang mau menambah pundi-pundi pahala kami juga membuka penerimaan donasi. Donasi yang kalian berikan akan dibagikan ke jemaah yang ada disekitar Langgar At-Taubah. Jadi buat kalian yang pengen menyalurkan rezekinya, silahkan berbagi melalui rekening : 1060-01-003289-53-1 BRI (a/n BEM FT UNLAM)

Untuk konfirmasi transfer/mau tanya-tanya bisa ke : 085654786366 (Anna Sumardi)

Kami akan terus menerima donasi sampai tanggal 8 Juni 2017.

Yuk, berbagi kebaikan selagi bulan yang penuh berkah ini. Insya Allah, kebaikan kalian akan dilipat gandakan oleh ALLAH SWT. Aamiin Yarabbal Alamiin :))

BUKA BERSAMA

Alhamdulillah kita bisa ketemu lagi sama bulan yang penuh berkah ini. Tentunya kita sebagai umat muslim tidak akan melewatkan moment-moment berharga selama bulan ramadhan ini. Salah satunya memperbanyak amal dan bersedekah. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk bersedekah selama bulan Ramadhan ini. Salah satunya, berbagi rezeki saat menuju berbuka puasa.

Nah, tahun ini BEM FT UNLAM akan mengadakan Buka Bersama. Jika tahun kemaren Buka Bersama anak yatim. Tahun ini akan berbeda, mengapa? Tahun ini buka bersama yang kami adakan yaitu bersama anak-anak berkebutuhan khusus. Selain itu, tahun ini juga bakalan ada “BERBAGI TA’JIL”

Kapan dan dimana acaranya?

Acaranya akan dilaksanakan tanggal 9 Juni 2016 (Hari Jum’at). Acara buka bersama akan dilaksanakan di Yayasan Melati Anak Bangsa. Untuk pembagian Ta’jil akan di adakan di sekitar Taman Kota Martapura.

Buat kalian yang mau menambah pundi-pundi pahala kami juga membuka penerimaan donasi, jadi buat kalian yang pengen menyalurkan rezekinya, silahkan berbagi melalui rekening : 1060-01-003289-53-1 BRI (a/n BEM FT UNLAM)

Untuk konfirmasi transfer/mau tanya-tanya bisa ke : 085654786366 (Anna Sumardi)

Kami akan terus menerima donasi sampai tanggal 8 Juni 2017.

Yuk, berbagi kebaikan selagi bulan yang penuh berkah ini. Insya Allah, kebaikan kalian akan dilipat gandakan oleh ALLAH SWT. Aamiin Yarabbal Alamiin :))

TEKNIK MENGAJAR “EARTH”

EARTH merupakan singkatan dari Educational Assistance Road To The Higher Education. Program kerja ini merupakan program kerja yang baru saja diterapkan pada tahun ini. Kegiatan utama yang dilakukan yaitu mengajar siswa/i Sekolah Dasar. Selain mengajar juga ada kegiatan pengecatan, pengabdian masyarakat, dan pembuatan taman di sekitar sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dimulai pada tanggal 7 sampai tanggal 8 Mei 2017. Tempat pelaksanaan kegiatan ini di SDN Bentok Darat 3 Bati-bati Kabupaten Tanah Laut.

Pada Senin (07/05) kemaren telah dilaksanakan pembukaan kegiatan EARTH. Hari pertama terdiri dari empat rangkaian yaitu pembukaan, Penanaman pohon, edukasi siswa/i SD kelas 1-6. Dan pengecatan Pada saat kegiatan pembukaan dihadiri oleh petinggi-petinggi Fakultas Teknik UNLAM yaitu, Bapak DR.ing. Yulian Firmana Arifin, S.T., M.T, Nurhakim, S.T., M.T, Bapak Muhammad Razikin MT, Kepala Sekolah, dan ketua RT setempat. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan penanaman pohon serta proses pengecatan. Proses pengecatan terlebih dahulu dengan menggambarkan mural di tembok SDN Bentok Darat 3 Bati-bati. Mural yang digambarkan terdiri dari logo Tut wuri handayani, Lambang dan sila Pancasila, serta kata motivasi. Adapun kegiatan edukasi siswa kelas 6 mengajar soal-soal try out sedangkan untuk kelas 1-5 SD mengajar materi untuk ulangan esok harinya.

Setelah itu, dilanjutkan pada hari kedua selasa (08/05) dilanjutkan dengan rangkaian pengecatan, edukasi, pengabdian masyarakat. Kegiatan edukasi yang dilakukan sama seperti hari kemarinnya, yaitu mengajar siswa/I kelas 1-6 SD. Adapun kegiatan pengabdian masyarakat yaitu gotong royong bersama warga dan pembuatan biopori. Kegiatan gotong royong dengan warga sekitar membersihkan halaman sekolah. Dan pembuatan biopori dibeberapa titik lahan tanah disekitar sekolah tersebut.

Hari ketiga, Rabu (09/05) dilanjutkan kembali pembuatan taman sekaligus penutupan rangkaian kegiatan EARTH ini Pembuatan taman dilaksanakan dari pagi hingga pukul 10 pagi. Setelah selesai pembuatan taman kemudian dilanjutkan dengan kegiatan penutupan. “Diharapkan setelah berlangsungnya acara ini dapat meningkatkan semangat belajar mereka dan melatih mereka agar dapat beradaptasi dengan lingkungan baru “tutur ketua pelaksana EARTH.

ENGINEERING CAMPUS TOUR 2017

Pada Rabu (03/05) kemaren telah dilaksanakan Engineering Campus Tour  2017. Kegiatan ini dilaksanakan di Fakultas teknik dan diikuti oleh siswa/i SMA sederajat. Engineering Campus Tour merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan Fakultas Teknik. Peserta ECT akan diajak untuk menjadi mahasiswa teknik sehari karena mereka akan diajak berkeliling laboratorium- laboratorium yang ada di Fakultas Teknik.

Kegiatan ini terdiri dari dua rangkaian yang pertama penyampaian SBMPTN dan jalur utama. Dan rangkaian kedua keliling laboratorium- laboratorium yang ada di fakultas teknik. Penyampaian SBMPTN dan jalur utama dilaksanakan di Aula Fakultas Teknik UNLAM. Penyampaian materi disampaikan oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik UNLAM Bapak Chairul Irawan, ST., MT., Ph.D.

Setelah penyampaian SBMPTN dan jalur utama kemudian dilanjutkan dengan kegiatan keliling laboratorium- laboratorium. Semua peserta dibagi beberapa kelompok, dan diarahkan oleh panitia untuk mengunjungi masing-masing laboratorium yang ada di Fakultas Teknik. Laboratorium yang dikunjungi yaitu laboratorium komputasi, laboratorium operasi teknik kimia, laboratorium ilmu ukur tanah, laboratorium  mekanika tanah, laboratorium tansportasi, laboratorium struktur & material, laboratorium hidrolika, laboratorium  teknologi proses, laboratorium mesin, laboratorium geologi, laboratorium teknologi mineral, laboratorium teknologi pertambangan, laboratorium model perencanaan, studio 11, dan studio 12.

Saat kunjungan ke laboratorium peserta ECT akan dikenalkan kegunaan laboratorium tersebut, dan juga diperkenalkan alat ataupun material yang ada disana. Sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pengetahuan atau gambaran peserta ECT yang ingin melanjutkan pendidikan menjadi seorang engineer. Dan menjadi salah satu motivasi bagi mereka yang ingin menjadi mahasiswa teknik agar terus semangat dalam mengejar mimpinya menjadi seorang engineer kelak.

 

LKMM TD 2017: LEADERSHIP-ENTREPRENEURSHIP TALKSHOW & FOCUS GRUP DISCUSSION

Pada Selasa (21/03) kemaren telah dilaksanakan lanjutan rangkaian LKMM-TD 2017 . Dalam kegiatan ini terdiri dari dua rangkaian yaitu Leadership-Entrepreneurship Talkshow dan Focus grup discussion. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Bina Satria. Adapun tema dalam kegiatan talkshow yaitu “Siapkan dirimu untuk menjadi pemimpin yang berintegritas tinggi”. Dan yang menjadi narasumber dalam talkshow ini diantaranya yaitu Drs. H.  Nadjmi Adhani, M.SI dan Sudirwo, SE.

Kegiatan pertama yaitu talkshow dengan narasumber Drs. H.  Nadjmi Adhani, M.SI selaku walikota Banjarbaru. Beliau memberikan materi mengenai “Mahasiswa adalah pemimpin masa depan”. Beliau menyampaiakan alasan mengapa mahasiswa dikatakan sebagai pemimpin masa depan karena mahasiswa merupakan agent of change, penerus pembangunan, dan calon pemimpin masa depan. Nah, berkaitan erat dengan tujuan LKMM itu sendiri, materi yang disampaikan oleh Bapak Nadjmi Adhani sangat memberikan manfaat kepada peserta LKMM-TD 2017 .

“jika sebuah telur dipecahkan oleh sebuah kekuatan dari luar, maka kehidupan didalam telur akan berakhir. Tetapi, jika sebuah telur dipecahkan oleh kekuatan dari dalam maka kehidupan didalam telur akan sejahtera – Bapak Nadjmi Adhani”.

Narasumber yang kedua adalah Bapak Sudirwo, SE selaku Wakil  ketua VIII HIPMI Kalimantan Selatan. HIPMI merupakan salah satu Himpunan pengusaha muda Indonesia. Bapak Sudirwo menyampaikan tentang awal mula terbentuknya HIPMI sampai dengan keberhasilan HIPMI. Sesuai dengan kegiatan ini tidak hanya mengajarkan tentang bagaimana menjadi sosok pemimpin. Tetapi, materi mengenai Entrepreneurship pun juga bagian yang harus disampaikan kepada para peserta LKMM-TD 2017. Mengapa demikian? Karena selayaknya seorang engineer pun harus memiliki bekal bagaimana menjadi seorang entrepreneurship. Bahkan, ketika menjadi seorang entrepreneurship pun kita semua akan belajar banyak bagaimana menjadi seorang pemimpin.

“ide kreatif selayaknya diwujudkan secara nyata tanpa perlu mencari alasan – Bapak Sudirwo”.

Setelah kegiatan Leadership-Entrepreneurship Talkshow kemudian dilanjutkan dengan kegiatan kedua yaitu Focus Grup Discussion dengan tema “Mahasiswa bukan kertas kosong”. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak para peserta LKMM-TD 2017 agar berpikir kritis terhadap pro dan kontra yang ada. Skema kegiatan ini yaitu, dua kelompok peserta LKMM-TD 2017 menempati tempat yang telah disediakan, dan salah satu kelompok akan menjadi pihak pro dan kelompok satunya menjadi pihak kontra. Ada 6 mosi diantaranya yaitu :

  1. Merokok Menyebabkan Kualitas Anak Bangsa Menurun,
  2. Mahasiswa Akademis Tidak Memiliki Kreasi atau Pertasi Selain Hanya IPK yang Fantastis Saja
  3. Kuliah Sambil Bekerja
  4. Membuang Sampah pada Tempatnya Masih Menjadi Kebiasaan yang Susah untuk Diterapkan
  5. Penggunaan Internet Sebagai Bahan Belajar yang Lebih Efisien Dibandingkan Buku
  6. Biaya UKT yang Tinggi

Juri dalam kegiatan Focus grup discussion ini terdiri dari 3 orang yaitu Bapak Nurhakim, ST. MT., M. Maulana Al Harits Sunarto Iro D, dan Siti Rizkyna Noorsaly.  Setiap kelompok diberikan waktu beberapa menit dalam menyampaikan pendapatnya. Selang waktu beberapa jam berakhirlah kegiatan ini dengan antusias peserta yang luar biasa terhadap penyampaian pendapatnya. Semoga kegiatan LKMM-TD Leadership-Entrepreneurship Talkshow Dan Focus Grup Discussion ini memberikan manfaat bagi peserta LKMM-TD 2017 dan tentunya semoga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari selama menjadi anak Teknik ataupun setelah keluar dari zona mahasiswa. Sampai jumpa dirangkaian LKMM-TD berikutnya!

 

LKMM TD 2017 : HIMA DAY & PENGABDIAN MASYARAKAT

Pada sabtu (18/03) kemaren telah dilaksanakan kegiatan lanjutan dari rangkaian LKMM-TD 2017. Dalam kegiatan ini terdiri dari dua rangkaian yaitu Hima Day dan Pengabdian Masyarakat. Rangkaian LKMM-TD 2017 kali ini tidak hanya dilaksanakan di Fakultas Teknik tetapi juga di daerah sekitar pemukiman warga yang dekat dengan kampus Fakultas Teknik. Kegiatan pertama yang dilaksanakan yaitu Hima Day. Adapun kegiatan Hima Day ini bertujuan agar  menciptakan rasa kerukunan antar Program Studi terutama bagi peserta dengan program studi nya masing masing dan lebih memperkenalkan program kerja di setiap himpunan masing masing. Seluruh peserta diberikan waktu sekitar 40 menit untuk lebih mengenal Himpunan Mahasiswanya masing-masing. Semoga dengan adanya kegiatan Hima Day ini akan terjalin rasa kekeluargaan antara Himpunan dan seluruh peserta LKMM-TD 2017.

Setelah kegiatan Himaday kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini di laksanakan di daerah sungai kemuning. Sesuai dengan tema kegiatan ini yaitu “Menjadikan mahasiswa yang lebih bermasyarakat” sehingga peserta LKMM-TD 2017 diajak untuk lebih bermasyarakat.  Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan ini diantaranya menanam pohon, membersihkan sekitaran sungai, dan membersihkan sampah-sampah yang ada di sungai. Kegiatan ini juga didampingi oleh petinggi Fakultas Teknik yang juga ikut terjun dalam permbersihan sungai.

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini agar peserta LKMM-TD 2017 memiliki sikap sosial sesuai dengan tema dalam pengabdian masyarakat ini. Semoga setelah kegiatan ini peserta LKMM-TD 2017 dapat menerapkan apa yang telah dipelajari selama kegiatan LKMM-TD 2017 berlangsung . Sampai bertemu dikegiatan selanjutnya tetap seangat sampai rangkaian LMM-TD 2017 berakhir.

LKMM TD 2017: OPENING LKMM-TD 2017

Pada Sabtu (11/02) kemaren telah dilaksanakan opening Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) dengan tema “Satu Sinergi Menuju Teknik Berintegritas”. Kegiatan ini merupakan acara pembukaan dari salah satu kegiatan LKMM-TD 2017. Peserta dari kegiatan ini adalah mahasiswa baru 2016 ataupun mahasiswa yang belum pernah mengikuti LKMM-TD dari tahun-tahun sebelumnya.

Kegiatan ini terdiri dari tiga rangkaian yang pertama upacara pembukaan yang dilaksanakan di Plaza Fakultas Teknik, selanjutnya LKMM materi dan UKM Day yang dilaksanakan di Aula Fakultas Teknik UNLAM. Pada saat kegiatan opening tidak hanya dihadiri oleh peserta yang mengikuti LKMM-TD 2017. Tetapi juga dihadiri oleh petinggi-petinggi Fakultas Teknik UNLAM yaitu, Bapak DR.ing. Yulian Firmana Arifin, S.T., M.T selaku Dekan Fakultas Teknik UNLAM. Ibu Maya Amalia, S.T., M.Eng selaku Wakil Dekan 2 Fakultas Teknik UNLAM dan Bapak Nurhakim, S.T., M.T selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Teknik UNLAM, beserta Seluruh Ormawa Fakultas Teknik UNLAM.

Setelah upacara pembukaan seluruh peserta dan Ormawa Fakultas Teknik UNLAM melanjutkan foto bersama. Setelah selesai foto bersama, seluruh peserta LKMM-TD 2017 di arahkan menuju Aula dan melanjutkan kegiatan LKMM Materi. LKMM Materi ini mengusung tema “Etika sebagai prioritas untuk membangun teknik yang lebih berintegritas”. LKMM Materi ini baru saja ditambahkan menjadi rangkaian LKMM-TD 2017, jika sebelumnya tidak ada kegiatan LKMM Materi. Dimana harapan dari kegiatan LKMM Materi ini adalah untuk membentuk mahasiswa Fakultas Teknik agar mengenal etika dalam penerapan kehidupan sehari-hari.

Narasumber dalam kegiatan LKMM-TD ini yaitu Bapak Nurhakim, S.T., M.T selaku wakil dekan Fakultas Teknik dan Bapak Awad Ahmad, MA.  Narasumber pertama oleh Bapak Nurhakim, S.T., M.T, beliau memberikan materi tentang bagaimana cara kita lebih mengnal diri sendiri dan lingkungan sekitar. Salah satunya adalah lebih mengenal identitas kita sebagai anak Teknik.

Narasumber kedua oleh Bapak Awad Ahmad, MA, beliau memberikan materi yang juga tidak jauh-jauh dari Etika. “Didunia ini tidak lepas dari etika, anda minum, duduk itu ada etika, semua ada nilainya. Tidak ada didunia ini yang tidak ada nilainya. Etika bicara nilai baik dan buruk sesuatu baik dan buruk ada ketentuannya, yang pertama kondisi dan situasi, dalam keadaan apapun tidak boleh berdusta, kata nabi boleh tidak berdusta tapi cuma 1, kalau kau ingin mendamaikan sahabat. Kedua, tempat. Tempat mempengaruhi keadaan,kadang-kadang tempat tertentu pandangan seseorang berbeda” kata Pak Awad menjelaskan tentang etika kepada peserta LKMM-TD 2017.

Setelah kegiatan LKMM Materi selesai kemudian dilanjutkan dengan kegiatan UKM Day. Kegiatan UKM Day merupakan salah satu kegiatan dimana kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Fakultas Teknik. Mulai dari perkenalan Ketua UKM-nya, perkenalan anggotanya, dan juga memperkenalkan apa saja program kerja yang mereka jalankan. Seperti LKMM materi yang telah disampaikan oleh Bapak Hakim, anak teknik pun juga harus wajib mengenal UKM yang ada di Fakultas Teknik.

Semoga kegiatan LKMM Materi ini memberikan manfaat kepada peserta LKMM-TD 2017 . Sampai ketemu dikegiatan selanjutnya! Pengabdian Masyarakat & Hima day Coming soon!

 

COMING SOON LKMM TINGKAT DASAR 2017

Siapa kita? TEKNIK!

Siapa kita? TEKNIK!

Yang lain? BONGKAR! BONGKAR! BONGKAR!

Masih semangat?

Semangaaaaaat Pagi?

PAGI !!

Semangaaaaaat Pagi?

PAGIIIIII !

Ada yang pernah dengar Yel-yel di atas atau ada yang ingat sama yel-yel diatas? Atau belum pernah dengar sama sekali? Nah, sebentar lagi yel-yel di atas akan menjadi semangat kalian semua nih khususnya buat mahasiswa/i baru Fakultas Teknik 2016. Kira-kira kenapa ya? UDAH TAU BELUM LKMM TINGKAT DASAR 2017 SEBENTAR LAGI MAU DIMULAI??? Semangat dong ya buat mengikuti rangkaiannya. Karena ini event yang bakal kalian lalui satu kali dalam seumur hidup.

 

Sebelum kita mulai LKMM Tingkat dasar 2016 kita baca sedikit cerita tentang LKMM Tingkat Dasar dari tahun sebelumnya ya. Eits, sebelum kita bercerita mending kita cari tau dulu deh apa sih LKMM TD itu???

Apa sih LKMM Tingkat Dasar Itu?

LKMM-TD atau biasa dikenal dengan sebutan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa. LKMM-TD merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya sekitar bulan Maret-April. Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa ini wajib diikuti oleh setiap mahasiswa baru yang ada di Fakultas Teknik. Dan rangkaian didalam LKMM-TD itu sendiri terdapat edukasi, diskusi, dan kreativitas. Untuk kegiatan LKMM-TD ini setiap tahunnya akan ada beberapa rangkaian kegiatan seperti SKEMA (Studi Keagamaan Mahasiswa), Talkshow kepemimpinan, ukm day, LKMM-TD Lapangan, pengabdian masyarakat, dan juga malam keakraban yang dikemas secara apik dan seru.

Untuk setiap kegiatan LKMM-TD ini sendiri memiliki tujuan dan manfaat untuk para peserta yang mengikutinya. Kira-kira apa ajasih? Pertama, LKMM TD merupakan sebagai sarana mengakrabkan mahasiswa antar proram studi. Kedua, mengajarkan bagaimana menjadi seorang pemimpin yang sebenarnya baik di dunia kerja nantinya ataupun dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga, mengajarkan bagaimana menghadapi segala hal yg dirasa sulit agar bisa diselesaikan dengan baik dan benar. Keempat, agar lebih mengoptimalkan peningkatan dan pengembangan kualitas kemampuan keorganisasian mahasiswa sehingga dapat mendukung upaya menyemarakkan semangat berorganisasi dalam segala kreativitas. Dan masih banyak manfaat serta tujuan yang dapat kalian ambil dari kegiatan LKMM Tingkat Dasar ini.

Nah, sudah taukan bagaimana gambaran LKMM Tingkat Dasar itu seperti apa? Masih penasaran bagaimana  asiknya LKMM Tingkat Dasar? Setelah ini kita akan mengulik sedikit keseruan di LKMM Tingkat Dasar 2016.

Sekilas LKMM-TD 2016

Nah, di LKMM-TD itu tidak hanya diajarkan tentang kepemimpinan, tetapi juga akan di ajarkan bagaimana menjadi sosok seorang pemimpin yang religius. Selain itu, Kegiatan talkshow yang selalu menghadirkan sosok pemimpin yang luar biasa. Kapan lagi nih bisa belajar materi kepemimpinan dari orang-orang yang sudah dikenal seperti tahun kemaren peserta LKMM-TD dipertemukan dengan Paman Birin yang dikenal sebagai salah satu Gubernur Kalimantan Selatan. Ini nih saatnya buat kalian belajar bagaimana sih menjadi seorang sosok pemimpin yang hebat, hebat sebagai pemimpin untuk orang lain dan juga diri sendiri.

IMG_2406
Kegiatan Studi Keagamaan Mahasiswa
IMG_3122
Interaksi mahasiswa dan Paman Birin (Gubernur Kalimantan Selatan)di kegiatan Talkshow

Sebagai makhluk sosial kita itu tidak mungkin hidup sendirian, ibaratnya kita itu harus saling tolong- menolong. Nah, salah satu rangkaian kegiatan LKMM-TD ini juga ada yang langsung berhungan dengan masyarakat di luar sana. Seru dong ya pastinya, seorang pemimpin tidak hanya pintar memimpin, religius, tetapi juga harus punya jiwa sosial. Apa aja sih yang dilakukan sama masyarakat di luar sana? Banyak yang bisa kita lakukan salah satunya misalnya menata tempat tinggal mereka, menanam pohon, berbagi, dan sebagainya.

IMG_2813
Pengabdian Masyarakat oleh peserta LKMM-TD 2016

Jika kalian bosan dengan rangkaian LKMM-TD yang mungkin selalu berada di kampus atau cuman dalam ruangan seperti sebelumnya. Kegiatan LKMM-TD pengabdian masyarakat dan LKMM-TD lapangan bakal jadi hal yang tidak akan membosankan buat kalian. Karena dikegiatan ini para peserta akan diajak berpetualang. Salah satunya berpetualang di YONIF 623! Di LKMM-TD Lapangan ini kalian akan diajak belajar tentang kepemimpinan bersama para tentara dan juga bermain di sana. Wah, jangan berpikir kalian bakal latihan seperti tentara tetapi kalian bakal diajak happy fun bareng. Di YONIF 623 semua peserta diajarin cara megang senjata yang biasa digunakan para tentara buat perang guys, selain itu disana juga ada permainan yang tak kalah asyik dan seru.

IMG_5676
Upacara Pembukaan LKMM-TD Lapangan di Lapangan YONIF 623
IMG_5841
Pemberian materi oleh Tentara Yonif 623
Jpeg
Salah satu permainan yang ada di YONIF 623

Setelah happy fun bersama para tentara di YONIF 623, para peserta LKMM-TD akan diajak happy fun bareng lagi sama satu angkatan. Biasanya sih acaranya seperti malam akrab pada umumnya. Cuma, jangan khawatir tentunya akan menjadi malam akrab yang tidak akan seperti biasa-biasa saja.

_MG_0003
LKMM Vaganza 2016

Nah, masih ragu buat ikut LKMM-TD Tahun 2017? LKMM TD 2017 ini bakalan berbeda dari tahun sebelumnya , dan pastinya tak kalah seru dengan LKMM-TD 2016. Kenapa harus ikut LKMM TD 2017? Karena, LKMM-TD ini bakal jadi momen langka yang cuma sekali seumur hidup tentunya. Masih yakin mau kehilangan moment seru bersama teman-teman satu angkatannya?

Silahkan download FORMULIR LKMM TINGKAT DASAR 2017 DISINI

So, prepare ur self to be  a leader!

 

 

 

PENGABDIAN MASYARAKAT BERBASIS PELATIHAN SOFTWARE DI SMKN 2 AMUNTAI

Pengabdian masyarakat yang dilakukan di SMK Negeri 2 Amuntai pada Sabtu (18/02) merupakan salah satu bentuk tindakan nyata mahasiswa Fakultas Teknik UNLAM dan merupakan salah satu program kerja BEM FT UNLAM. Kegiatan ini dilakukan di SMK Negeri 2 Amuntai karena ini merupakan suatu bentuk penghargaan karena sekolah mereka menjadi juara dalam perlombaan SCC (Safety Competence Competition) tahun kemaren di Fakultas Teknik.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh petinggi-petinggi Fakultas Teknik UNLAM yaitu Bapak Chairul Irawan, S.T., M.T., Ph.D (Wakil Dekan 1) dan Bapak Nurhakim, S.T., M.T (Wakil Dekan 3) dan anggota BEM FT UNLAM. Kegiatan yang dilaksanakan disana diantaranya yaitu sosialisasi tentang Fakultas Teknik UNLAM, Pelatihan software, dan penanaman pohon di sekitar halaman SMK Negeri 2 Amuntai. Perjalanan selama kurang lebih 2 jam tidak terasa melelahkan karena ketika sampai kami disambut dengan baik oleh warga SMK Negeri 2 Amuntai.

Acara Pembukaan Kegiatan di SMKN 2 Amuntai
Acara Pembukaan Kegiatan di SMKN 2 Amuntai

Kegiatan yang pertama kami lakukan ialah sosialisasi Fakultas Teknik UNLAM kepada siswa-siswi SMK Negeri 2 Amuntai yang juga dihadiri oleh Kepala Sekolah serta Guru-guru di SMK Negeri 2 Amuntai, kegiatan tersebut berjalan dengan lancar. Kegiatan selanjutnya yaitu kegiatan pelatihan software Autocad dan Sketchup yang pesertanya siswa-siswi SMK Negeri 2 Amuntai. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah mengingat pentingnya keterampilan untuk menguasai aplikasi software seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih sehingga diharapkannya para siswa SMKN 2 Amuntai banyak yang memiliki keterampilan dalam menggunakan software autocad dan sketch up.

Kegiatan Pelatihan Software di SMKN 2 Amuntai
Kegiatan Pelatihan Software di SMKN 2 Amuntai

Setelah pelatihan software kemudian dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pohon di sekitar sekolah SMK Negeri 2 Amuntai dibantu dengan guru-guru disana. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan sedikitpun. Setelah penanaman pohon kegiatan, foto bersama menjadi kegiatan akhir yang kami lakukan disana. Semoga apa yang bisa kami berikan dapat bermanfaat bagi siswa-siswi SMK Negeri 2 Amuntai, semoga hubungan yang telah dibuat dapat terjalin secara terus-menerus.