LKMM TD 2017: LEADERSHIP-ENTREPRENEURSHIP TALKSHOW & FOCUS GRUP DISCUSSION

Pada Selasa (21/03) kemaren telah dilaksanakan lanjutan rangkaian LKMM-TD 2017 . Dalam kegiatan ini terdiri dari dua rangkaian yaitu Leadership-Entrepreneurship Talkshow dan Focus grup discussion. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Bina Satria. Adapun tema dalam kegiatan talkshow yaitu “Siapkan dirimu untuk menjadi pemimpin yang berintegritas tinggi”. Dan yang menjadi narasumber dalam talkshow ini diantaranya yaitu Drs. H.  Nadjmi Adhani, M.SI dan Sudirwo, SE.

Kegiatan pertama yaitu talkshow dengan narasumber Drs. H.  Nadjmi Adhani, M.SI selaku walikota Banjarbaru. Beliau memberikan materi mengenai “Mahasiswa adalah pemimpin masa depan”. Beliau menyampaiakan alasan mengapa mahasiswa dikatakan sebagai pemimpin masa depan karena mahasiswa merupakan agent of change, penerus pembangunan, dan calon pemimpin masa depan. Nah, berkaitan erat dengan tujuan LKMM itu sendiri, materi yang disampaikan oleh Bapak Nadjmi Adhani sangat memberikan manfaat kepada peserta LKMM-TD 2017 .

“jika sebuah telur dipecahkan oleh sebuah kekuatan dari luar, maka kehidupan didalam telur akan berakhir. Tetapi, jika sebuah telur dipecahkan oleh kekuatan dari dalam maka kehidupan didalam telur akan sejahtera – Bapak Nadjmi Adhani”.

Narasumber yang kedua adalah Bapak Sudirwo, SE selaku Wakil  ketua VIII HIPMI Kalimantan Selatan. HIPMI merupakan salah satu Himpunan pengusaha muda Indonesia. Bapak Sudirwo menyampaikan tentang awal mula terbentuknya HIPMI sampai dengan keberhasilan HIPMI. Sesuai dengan kegiatan ini tidak hanya mengajarkan tentang bagaimana menjadi sosok pemimpin. Tetapi, materi mengenai Entrepreneurship pun juga bagian yang harus disampaikan kepada para peserta LKMM-TD 2017. Mengapa demikian? Karena selayaknya seorang engineer pun harus memiliki bekal bagaimana menjadi seorang entrepreneurship. Bahkan, ketika menjadi seorang entrepreneurship pun kita semua akan belajar banyak bagaimana menjadi seorang pemimpin.

“ide kreatif selayaknya diwujudkan secara nyata tanpa perlu mencari alasan – Bapak Sudirwo”.

Setelah kegiatan Leadership-Entrepreneurship Talkshow kemudian dilanjutkan dengan kegiatan kedua yaitu Focus Grup Discussion dengan tema “Mahasiswa bukan kertas kosong”. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak para peserta LKMM-TD 2017 agar berpikir kritis terhadap pro dan kontra yang ada. Skema kegiatan ini yaitu, dua kelompok peserta LKMM-TD 2017 menempati tempat yang telah disediakan, dan salah satu kelompok akan menjadi pihak pro dan kelompok satunya menjadi pihak kontra. Ada 6 mosi diantaranya yaitu :

  1. Merokok Menyebabkan Kualitas Anak Bangsa Menurun,
  2. Mahasiswa Akademis Tidak Memiliki Kreasi atau Pertasi Selain Hanya IPK yang Fantastis Saja
  3. Kuliah Sambil Bekerja
  4. Membuang Sampah pada Tempatnya Masih Menjadi Kebiasaan yang Susah untuk Diterapkan
  5. Penggunaan Internet Sebagai Bahan Belajar yang Lebih Efisien Dibandingkan Buku
  6. Biaya UKT yang Tinggi

Juri dalam kegiatan Focus grup discussion ini terdiri dari 3 orang yaitu Bapak Nurhakim, ST. MT., M. Maulana Al Harits Sunarto Iro D, dan Siti Rizkyna Noorsaly.  Setiap kelompok diberikan waktu beberapa menit dalam menyampaikan pendapatnya. Selang waktu beberapa jam berakhirlah kegiatan ini dengan antusias peserta yang luar biasa terhadap penyampaian pendapatnya. Semoga kegiatan LKMM-TD Leadership-Entrepreneurship Talkshow Dan Focus Grup Discussion ini memberikan manfaat bagi peserta LKMM-TD 2017 dan tentunya semoga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari selama menjadi anak Teknik ataupun setelah keluar dari zona mahasiswa. Sampai jumpa dirangkaian LKMM-TD berikutnya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *